Minggu, 02 April 2017

Resume (PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA)

PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA Proses dan Periode Pola perkembangan anak adalah pola yang komples karena merupakan hasil dari beberapa proses; proses biologis, kognitif, dan sosioemosional. Perkembangan juga bisa dideskripsikan berdasarkan periodenya. Proses Biologis, Kognitif, dan Sosioemosional. Proses biologis adalah perubahan dalam tubuh anak. Proses kognisi adalah perubahan dalam pemikiran, kecerdasan, dan bahasa anak. Proses sosioemosional adalah perubahan dalam hubungan anak dengan orang lain, perubahan dalam emosi, dan perubahan dalam kepribadian. Periode perkembangan • Infancy adalah periode dari kelahiran sampai usia 24 bulan. • Early Chilhood (prasekolah) adalah periode dari akhir masa bayi sampai umur 5 atau 6 bulan. • Middle and Late Chilhood (masa sekolah dasar0 dimulai dari usia 6-11 tahun. • Adolescene (remaja) adalah transisi dari masa anak-anak ke usia dewasa. • Early Adulthood dimulai di akhir usia remaja atau awal 20-an sampai 30-an. • Adult (dewasa). PERKEMBANGAN KOGNITIF Otak Sampai saat ini belum banyak diketahui tentang bagaimana perubahan otak saat usia anak-anak dan ketika mereka tumbuhh. Meski sudah ada kemajuan lumayan dalam upaya menjelaskan perubahan perkembangna otak, namun masih banyak hal yang belum diketahui. Daerah dan Seel Otak Penambahan ukuran otak juga disebabkan oleh myelination, sebuah proses dimana banyak sel otak dan sistem saraf diselimuti oleh lapisan-lapisan sel lemak yang bersekat-sekat. Syynapse adalah jarak tipis antar neuron tempat terbentuknya koneksi antar neuron. Lateralisasi adalah spesialisasi fungsi dalam satu bagian otak atau satu bagian lainnya. Dalam individu dengan otak yang utuh,ada spesialisasi fungsi di beberapa area : 1. Pemrosesan verbal 2. Pemrosesn nonverbal Teori Piaget Proses Kognitif Dalam memahami dunia mereka secara aktif, anak-anak menggunakan skema (kerangka kognitif atau kerangka referensi). Skema adalah konsep atau kerangka yang eksis di dalam pikiran seseorang yang dipakai untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi. Asimilasi terjadi ketika seorang anak memasukkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada. Akomodasi terjadi ketika anak menyesuaikann diri pada informasi baru. Organisasi adalah konsep Piaget tentang pengelompokkan perilaku yang terpisah ke dalam sistem kognitif yang lebih tertib dan lancar; pengelompokkan atau penataan perilaku ke dalam kategori-kategori. Penggunaan organisasi meningkatkan kemampuan memori jangka panjang. Ekuilibrasi adalah suatu mekanisme yang dikemukakan Piaget untuk menjelaskan bagimana anak bergerak dari satu tahap pemikiran ke tahap pemikiran selanjtnnya. Tahap-tahap Piagetian Tahap sensorimotor Tahap pra-operasional Tahap operasional konkret. Tahap operasional formal PERKEMBANGAN BAHASA Perkembangan Bahasa Bahasa adalah bentuk komunikasi, baik itu lisan maupun tulisan bahkan tanda, yang didasarkan pada sistem simbol. Semua bahasa manusia juga punya aturan, yaitu Morfologi adalah aturan untuk mengkombinasikan morfem, yang merupakan serangkaian suara yang merupakan kesatuan bahasa terkecil. Sintaks adalah makna kata dan kalimat. Pragmantis adalah penggunaan percakapan yang tepat. Bahasa berkembang melalui tahap-tahap, dimulai dari tahap 0-6 bulan bayi akan sekedar bersuara, membedakan huruf hidup, berceloteh pada akhir periode. Tahap 6-12 bulan celotehan bayi akan bertambah dengan mencakup suara dari bahasa ucap dan isyarat digunakan untuk mengomunikasikan suatu objek. Tahap 12-18 bulan bayi akan mengucapkan kata pertama dan rata-rata memahami 50 kosakata lebih. Tahap 18-24 bulan kosakata pada bayi bertambah sampai rata-rata 200 buah. Tahap 2 tahun kosakata pada anak akan bertambah cepat, penggunaan bentuk jamak secara tepat, penggunaan kata lampau, dan penggunaan beberapa preposisi atau awalan. Tahap 3-4 tahun rata-rata panjang ucapan naik dari 3 sampai 4 morfem perkalimat, menggunakan pertanyaan, menggunakan bentuk negatif dan perintah, pemahaman pragmatis bertambah. Tahap 5-6 tahun kosakata mencapai rata-rata 10.000 buah, koordinasi kalimat sederhana. Tahap 6-8 tahun kosakata bertambah cepat, lebih ahli menggunakan aturan sintaks, keahlian bercakap meningkat. Tahap 9-11 tahun definis kata mencakup sinonim, strategi berbicara terus bertambah. Tahap 11-14 tahun kosakata dengan kata-kata abstrak, pemahaman bentuk kata bahasa kompleks, pemahaman fungsi kata dalam kalimat, memahami metafora dan satire. Tahap 15-20 tahun dapat memahami karya sastra dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar